Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Mahasiswa Baru

Single Sign On (SSO) merupakan Sistem Autentikasi yang memungkinkan pengguna mengakses beberapa aplikasi menggunakan username dan password yang sama.
*Mohon diikuti langkah-langkah berikut sesuai urutan.

Aktivasi SSO

  1. Akses satu.telkomuniversity.ac.id dan klik “Buat Akun SSO”
  2. Sesuaikan Aktivasi sebagai “Mahasiswa” dan Isi Kolom “NIK”
  3. Masukkan “Kode OTP” yang sudah dikirimkan ke email pribadi masing-masing
  4. Buat kata sandi sesuai kriteria
  5. Baca dan pahami ketentuan di Telkom University, jika sudah Ceklis pada box dan klik “Simpan”

Catatan:
Untuk username/nama pengguna digenerate oleh sistem dan tidak dapat diubah.
Jika ada kesalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ketika aktivasi SSO, silakan menghubungi kontak: Hubungi Kami

Login Tel-U SATU

  1. Klik Hubungkan Microsoft 365
  2. Masukkan username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
  3. Jika sudah login, silakan lanjutkan Aktivasi MFA Microsoft 365 link berikut Panduan Aktivasi Multi-Factor Authentication (2FA/MFA) Akun Microsoft 365

Keterangan: Jika mengalami kendala login satu notifikasi error “Login Failed” silahkan dilakukan clear cache browser history, clear cookies atau dicoba browser yang berbeda.

Login iGracias

  1. Akses igracias.telkomuniversity.ac.id sebagai mahasiswa (pilih Login >> MAHASISWA)
  2. Masukkan “username dan password SSO”
  3. WAJIB! Aktifkan Authenticator iGracias untuk keamanan Akun, setelah aktivasi SSO silahkan mengikuti Panduan MFA iGracias
  4. Dilarang menghapus aplikasi authenticator karena kode token terbaru akan selalu diminta setiap akan login

Keterangan: Mohon tidak menghapus aplikasi authenticator, Anda mungkin tidak bisa mengakses akun Anda atau menghadapi masalah dengan otentikasi. Pastikan aplikasi ini selalu ada di perangkat Anda.

Microsoft 365

  1. Anda dapat mencoba layanan Microsoft 365, silakan akses https://office.com/
  2. Pilih Sign in
  3. Masukkan Username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
  4. Klik Sign in
  5. Masukkan kode 6-digit dari Microsoft Authenticator untuk sign in ke layanan Microsoft 365 >> “Verify”

*Catatan: Jika mengalami kendala pada akses Microsoft 365, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut:

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for macOS

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for Windows

Keterangan: Untuk Lisensi Microsoft 365 hanya bisa digunakan selama masih status Mahasiswa Telkom University. Jika Install App Office 365 dan memunculkan notifikasi “Allow my organization to manage my device” akan menyebabkan perangkat dikelola oleh Microsoft sehingga berisiko “Kehilangan akses modifikasi data”

MyTel-U Mobile

Aplikasi My TelU Mobile dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti melihat jadwal kuliah, melihat nilai, melihat timeline kampus dll. Untuk menggunakannya, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Berikut tahapan login akun MyTel-U Mobile:

  1. Klik Masuk
  2. Masukkan username SSO (huruf kecil dan tanpa domain) + Password SSO >> Masuk

Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses app MyTel-U Mobile, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan MyTelu Mobile

WIFI Tel-U Connect

Untuk akses wifi Tel-U Connect hanya bisa diakses disekitaran lingkungan Telkom University.

Mohon dipastikan ketika akses Tel-U Connect TIDAK MENGAKTIFKAN VPN gratis, VPN Berbayar, DNS Browser dan DNS Device. Silahkan Ikuti langkah-langkah akses Wifi Tel-U Connect berikut:

  1. Pilih TelU-Connect
  2. Klik Connect
  3. Masukkan “username” (huruf kecil) dan “password” SSO
  4. Klik “OK / Connect”

Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses jaringan Wifi Tel-U Connect, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Tel-U Connect

Materi Presentasi

20 Comments

Leave a Reply to Risma Nur Cancel reply

  • Link Untuk Aktivasi SSO Nya Dong

    Fahri Alfarizi Reply
  • Kalo yang tidak bisa hadir, apakah Video saat meet nanti di rekam supaya bisa di lihat pada sore harinya ?

    Azzam Reply
    • Periode cetak berita acara (1-22 Agustus), sehingga aktivasi sso dapat dilakukan sekitar mulai tanggal 23 ya, Kak

      Risma Nur Reply
  • setelah mencetak berita acara berarti membuat akun sso sekitar tanggal 23 ka?dan itu bertahap sesuai fakultas?

    Azzahra Asmarani Reply
    • Yang dilakukan per fakultas untuk sosialisasinya saja ya, Kak

      Risma Nur Reply
  • Ini harus menunggu, sampai tanggal 23 ya? Baru bisa membuat account SSO dan yang lainnya?

    Charlie Reply
    • Iya kak menunggu periode cetak berita acara selesai ya

      Risma Nur Reply
  • Untuk melakukan aktivasi SSO bisa sebelum sosialisasinya ya?

    NAHJA Reply
    • Bisa kak, selama periode cetak berita acara sudah selesai ya

      Risma Nur Reply
  • pengambilan almet kapan ya kaa??

    hasya azahra Reply
  • maaf kak, ini saya sudah masukin nik saya tapi beda email jadi saya tidak dapet kode otpnya, bagaimana kak????

    fikri firdaus Reply
    • Halo kak, silahkan bisa dicoba aktivasi SSO nya kembali. jika masih terdapat kendala bisa menghubungi kontak kami untuk dibantu lebih lanjut : +62 823-1994-9941
      terima kasih

      diahsukmaa diahsukmaa Reply
  • saya ada kendala coba login sso. gmail saya beda

    MUHAMMAD AZOYA SHOFWAN Reply
    • Halo kak, silahkan bisa dicoba aktivasi SSO nya kembali. jika masih terdapat kendala bisa menghubungi kontak kami untuk dibantu lebih lanjut : +62 823-1994-9941
      terima kasih

      diahsukmaa diahsukmaa Reply
  • mau tanya soal validasi token apps auth, itu tokennya yang mana ya?

    mohamad arvian Reply

Leave a Reply to Risma Nur Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *