Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan TelU-Connect

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan TelU-Connect

Sertifikat Akses Internet TelU-Connect

Untuk pengguna yang ingin mengakses jaringan TelU-Connect tetapi memerlukan sertifikat jaringan TelU Connect, Bisa download file sertifikat berikut: download disini

Instalasi Sertifikat CA di Tablet Android

Butuh Instalasi Sertifikat CA di Tablet? Berikut panduan: klik disini

Panduan Akses Jaringan WiFi TelU-Connect

Menggunakan sistem autentikasi yang berbeda dengan pendahulunya (Employee@TelkomUniversity dan TelkomUniversity) yang menggunakan teknologi captive portal, berikut langkah-langkah untuk terkoneksi ke jaringan WiFi TelU-Connect:

1. Buka pengaturan WiFi pada perangkat dan pilih SSID TelU-Connect

2. Masukkan username dan password iGracias pada kolom yang disediakan (contoh, username: doraemon, password: doraemon123!), pilih OK, Join, atau Connect, kemudian ikuti panduan di bawah sesuai perangkat yang digunakan

TelU-Connect untuk Windows

1. Muncul pertanyaan “Continue connecting?” setelah pilih OK

2. Pilih Connect untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi TelU-Connect

TelU-Connect untuk iOS

1. Muncul pop-up Certificate setelah pilih Join

2. Pilih Trust untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi TelU-Connect

TelU-Connect iOS

TelU-Connect untuk MacOS

1. Hubungkan ke jaringan wifi TelU-Connect

2. Masukan Akun SSO Username dan Password, lalu klik “OK”

3. Notifikasi certificate lisence klik “continue”

4. Jika berhasil, status “connected”

TelU-Connect untuk Linux

  1. Buka pengaturan jaringan Wi-Fi dan pilih jaringan TelU-Connect.
  2. Atur Wi-Fi security ke WPA & WPA2 Enterprise.
  3. Pilih Authentication: Protected EAP (PEAP).
  4. Biarkan kolom Anonymous identity dan Domain kosong*.
  5. Untuk CA certificate, biarkan kosong atau pilih (None), lalu centang opsi No CA certificate is required.
  6. Pilih PEAP version: Automatic.
  7. Pilih Inner authentication: MSCHAPv2.
  8. Masukkan Username dan Password SSO.
  9. Klik Connect untuk menyambung ke jaringan.

*Jika tetap dibutuhkan domain, silakan isikan: smp.telkomuniversity.ac.id

TelU-Connect untuk Android

1. Masukkan username dan password iGracias pada kolom Identity dan Password

2. Jika ada pilihan CA certificate, pilih Don’t validate, kemudian klik Connect, atau

Catatan Penting: Jika Anda mengubah password SSO, harap Forget SSID TelU-Connect terlebih dahulu

Device Infinix, Realme dan Google Pixel

  1. Untuk EAP method diisi “PEAP”
  2. Phase 2 authentication “MSCHAPV2”
  3. Sebelum ke CA Certificate silahkan download file sertifikat berikut terlebih dahulu: download disini
  4. Jika sudah klik CA Certificate, pilih “Install from gallery” lalu pilih file yang sudah di download sebelumnya
  5. Identify diisi “username sso”
  6. passwordnya diisi “password sso”
  7. Pilih “Connect”

Panduan Connect Jaringan TUNE Visitor/Guest

Berikut adalah langkah-langkah untuk log in menggunakan TUNE Visitor:

1. Menggunakan WiFi, pilih SSID TelU-Guest

2. Halaman log in TUNE akan terbuka secara otomatis melalui browser, jika halaman log in tidak terbuka secara otomatis, akses secara manual melalui browser

3. Pilih Visitor Entrance pada halaman log in TUNE

Untuk panduan infografis, bisa klik link berikut: Infografis TUNE Visitor Code

FAQ Kendala Akses TelU-Connect

Kendala TelU-Connect atau TUNE: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device Laptop Windows

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala koneksi TelU-Connect atau TUNE dengan notifikasi seperti di atas:

Forget TelU-Connect

1. Klik tombol Quick Settings yang terletak di pojok kanan bawah pada Taskbar Windows.

2. Pada menu Quick Settings, cari tombol WiFi dan klik tanda panah di sebelahnya.

3. Klik kanan pada TelU-Connect

4. Terakhir, hubungkan kembali dengan TelU-Connect untuk melihat apakah sudah berhasil terhubung/belum, jika belum, silakan lanjut ke panduan di bawah ini.

Forget TelU-Guest

1. Buka Pengaturan WiFi pada laptop/PC yang digunakan

2. Klik kanan atau icon detail pada SSID/nama jaringan TelU-Guest

3. Pilih Forget This Network

Restart WiFi Driver

1. Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager

2. Klik 2x Network adapters melalui Device Manager

3. Pilih dan klik kanan pada WiFi driver yang ada (nama driver mungkin berbeda pada tiap perangkat), kemudian klik Disable device dan pilih Yes pada prompt yang muncul

4. Restart komputer, buka kembali aplikasi Device Manager, pilih dan klik kanan WiFi driver yang sebelumnya dinonaktifkan, kemudian pilih Enable device

5. Terakhir, hubungkan kembali dengan TelU-Connect

*Jika akses wifi TelU-Connect masih belum bisa terkoneksi, sampaikan kendala Anda melalui WA Admin IT Service Desk dengan melampirkan identitas dan lokasi terkendalanya TelU-Connect.

Kendala Gagal Akses Wifi TelU-Connect (no internet, secured) pada Device HP Android

1. Lakukan forget wifi TelU Connect

2. Jika sudah dicoba login ulang kembali pada ssid TelU Connect. Jika masih belum bisa, dilanjutkan pengecekan pada DNS dan VPN pada device handphone.

3. Buka pengaturan pada device hp, Pilih Connection (koneksi)

4. Pilih “More Connection” (Koneksi Lainnya)

5. Untuk VPN disetting (NONE) dan Private DNS disetting (automatic)

6. Untuk private DNS pilih “automatic”

Kendala TelU-Connect: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device MacOS

1. Mohon dikoneksikan jaringan wifi yang tidak bisa diakses, lalu klik “details”

2. Dipastikan jaringan Tel-U Connect Status IP jelas seperti gambar dibawah:

3. Cek bagian DNS apakah sudah settingan “automatis” , jika settingan “manual” harap diubah ke automatis (static DHCP)

Mahasiswa Baru Gagal Login Tel-U Connect Notifikasi “Tidak dapat terhubung dengan jaringan Tel-U Connect”

Pastikan NIK sudah terdaftar di iGracias. Login igraciasnya > pilih menu edit profile > cari form “kewarganegaraan”. Jika NIK masih kosong, silahkan hubungi pihak BSLA https://linktr.ee/bsla_univtelkom

Jika NIK sudah didaftarkan oleh pihak BSLA, silahkan login iGracias lalu ubah password iGracias di menu edit profile > akun > ubah password. Setelah ubah password, silahkan dicoba login iGracias menggunakan password baru, jika berhasil? Silahkan dicoba login ulang koneksi Tel-U Connect.

Catatan:
Jika diminta untuk memasukkan domain, silakan diisikan smp.telkomuniversity.ac.id

Kendala Akses Jaringan Via LAN : “Halaman TUNE Page Is Unreachable” atau “This Site Can’t Be Reached”

  1. Klik pada menu Start di Windows, lalu ketik “Control Panel” dan buka aplikasi tersebut.

2. Pilih “Network and Internet”, kemudian klik “Network and Sharing Center”.

3. Klik “Change adapter settings” di panel sebelah kiri.

4. Temukan adapter LAN yang digunakan, lalu klik kanan pada adapter tersebut dan pilih “Disable”. Setelah beberapa detik, klik kanan kembali dan pilih “Enable”.

5. Tunggu beberapa saat hingga koneksi kembali aktif, lalu coba akses jaringan atau internet kembali.

Akses ke Browser Terasa Lambat atau Tidak Lancar Meskipun Perangkat Sudah Berhasil Tersambung ke Jaringan Tel-U Connect

Masalah tersebut bisa terjadi karena ada aplikasi di perangkat yang terhubung dengan VPN, sehingga mengganggu akses ke jaringan Tel-U Connect. Aplikasi yang dimaksud seperti uTorrent atau BitTorrent.

Silakan periksa perangkat nya, dan jika aplikasi seperti itu ada, sebaiknya segera dihapus agar koneksi ke Tel-U Connect bisa berjalan lancar.

4 Comments

  • Masih tidak bisa connect hp infinix. Saved/authentication problem

    Akhmad Zaky Fadhillah Reply
    • Siang Kak. Jika memiliki kendala silakan bisa menghubungi kami via WhatsApp agar memudahkan komunikasinya yaa

      Kontak whatsapp: +6282319949941. Terimakasih

      PRAMANA PUTRA BATUBARA Reply
  • Saya tidak bisa connect dengan tablet Huawei saya walau sudah mengikuti semua tahap diatas

    Zahira Reply
    • Jika terdapat kendala akses WiFI TelU-Connect silakan bisa menghubungi tim IT Service Desk melalui WA (https://wa.me/6282319949941). Terima kasih.

      rismanur rismanur Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *