Panduan Aktivasi Single Sign On (SSO) Mahasiswa Baru
Single Sign On (SSO) merupakan Sistem Autentikasi yang memungkinkan pengguna mengakses beberapa aplikasi menggunakan username dan password yang sama.
*Mohon diikuti langkah-langkah berikut sesuai urutan.
Aktivasi SSO
- Akses satu.telkomuniversity.ac.id dan klik “Buat Akun SSO”
- Sesuaikan Aktivasi sebagai “Mahasiswa” dan Isi Kolom “NIK”
- Masukkan “Kode OTP” yang sudah dikirimkan ke email pribadi masing-masing
- Buat kata sandi sesuai kriteria
- Baca dan pahami ketentuan di Telkom University, jika sudah Ceklis pada box dan klik “Simpan”
Catatan:
Untuk username/nama pengguna digenerate oleh sistem dan tidak dapat diubah.
Jika ada kesalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ketika aktivasi SSO, silakan menghubungi kontak: Hubungi Kami
Login Tel-U SATU
- Klik “Hubungkan Microsoft 365“
- Masukkan username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
- Jika sudah login, silakan lanjutkan Aktivasi MFA Microsoft 365 link berikut Panduan Aktivasi Multi-Factor Authentication (2FA/MFA) Akun Microsoft 365
Keterangan: Jika mengalami kendala login satu notifikasi error “Login Failed” silahkan dilakukan clear cache browser history, clear cookies atau dicoba browser yang berbeda.
Login iGracias
- Akses igracias.telkomuniversity.ac.id sebagai mahasiswa (pilih Login >> MAHASISWA)
- Masukkan “username dan password SSO”
- WAJIB! Aktifkan Authenticator iGracias untuk keamanan Akun, setelah aktivasi SSO silahkan mengikuti Panduan MFA iGracias
- Dilarang menghapus aplikasi authenticator karena kode token terbaru akan selalu diminta setiap akan login
Keterangan: Mohon tidak menghapus aplikasi authenticator, Anda mungkin tidak bisa mengakses akun Anda atau menghadapi masalah dengan otentikasi. Pastikan aplikasi ini selalu ada di perangkat Anda.
Microsoft 365
- Anda dapat mencoba layanan Microsoft 365, silakan akses https://office.com/
- Pilih Sign in
- Masukkan Username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
- Klik Sign in
- Masukkan kode 6-digit dari Microsoft Authenticator untuk sign in ke layanan Microsoft 365 >> “Verify”
*Catatan: Jika mengalami kendala pada akses Microsoft 365, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut:
Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for macOS
Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for Windows
Keterangan: Untuk Lisensi Microsoft 365 hanya bisa digunakan selama masih status Mahasiswa Telkom University. Jika Install App Office 365 dan memunculkan notifikasi “Allow my organization to manage my device” akan menyebabkan perangkat dikelola oleh Microsoft sehingga berisiko “Kehilangan akses modifikasi data”
MyTel-U Mobile
Aplikasi My TelU Mobile dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti melihat jadwal kuliah, melihat nilai, melihat timeline kampus dll. Untuk menggunakannya, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Berikut tahapan login akun MyTel-U Mobile:
- Klik Masuk
- Masukkan username SSO (huruf kecil dan tanpa domain) + Password SSO >> Masuk
Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses app MyTel-U Mobile, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan MyTelu Mobile
WIFI Tel-U Connect
Untuk akses wifi Tel-U Connect hanya bisa diakses disekitaran lingkungan Telkom University.
Mohon dipastikan ketika akses Tel-U Connect TIDAK MENGAKTIFKAN VPN gratis, VPN Berbayar, DNS Browser dan DNS Device. Silahkan Ikuti langkah-langkah akses Wifi Tel-U Connect berikut:
- Pilih TelU-Connect
- Klik Connect
- Masukkan “username” (huruf kecil) dan “password” SSO
- Klik “OK / Connect”
Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses jaringan Wifi Tel-U Connect, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Tel-U Connect
Link Untuk Aktivasi SSO Nya Dong
Selamat pogi kak, terlampir link untuk aktivasi sso ya https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/aktivasissomahasiswa
Kalo yang tidak bisa hadir, apakah Video saat meet nanti di rekam supaya bisa di lihat pada sore harinya ?
Rekaman dan materi untuk Sosialiasi Aktivasi SSO TA 2024/2025 Genap bisa diakses disini ya:
https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/sosialisasi-aktivasi-single-sign-on-layanan-it-direktorat-pusat-teknologi-informasi-puti-mahasiswa-baru-ta-2024-2025-genap/
Berarti ini tunggu Sampai tggl 22 betul?
Periode cetak berita acara (1-22 Agustus), sehingga aktivasi sso dapat dilakukan sekitar mulai tanggal 23 ya, Kak
setelah mencetak berita acara berarti membuat akun sso sekitar tanggal 23 ka?dan itu bertahap sesuai fakultas?
Yang dilakukan per fakultas untuk sosialisasinya saja ya, Kak
Ini harus menunggu, sampai tanggal 23 ya? Baru bisa membuat account SSO dan yang lainnya?
Iya kak menunggu periode cetak berita acara selesai ya
Untuk melakukan aktivasi SSO bisa sebelum sosialisasinya ya?
Bisa kak, selama periode cetak berita acara sudah selesai ya
pengambilan almet kapan ya kaa??
Perihal almamater bisa dikonfirmasikan ke bagian kemahasiswaan | https://studentaffairs.telkomuniversity.ac.id/
maaf kak, ini saya sudah masukin nik saya tapi beda email jadi saya tidak dapet kode otpnya, bagaimana kak????
Halo kak, silahkan bisa dicoba aktivasi SSO nya kembali. jika masih terdapat kendala bisa menghubungi kontak kami untuk dibantu lebih lanjut : +62 823-1994-9941
terima kasih
saya ada kendala coba login sso. gmail saya beda
Halo kak, silahkan bisa dicoba aktivasi SSO nya kembali. jika masih terdapat kendala bisa menghubungi kontak kami untuk dibantu lebih lanjut : +62 823-1994-9941
terima kasih
mau tanya soal validasi token apps auth, itu tokennya yang mana ya?
Halo kak, untuk token apps auth masukkan kode token yang ada pada aplikasi authenticator nya ya.
Sebagai catatan halaman tsb akan muncul setiap login iGracias, maka dari itu mohon untuk tidak menghapus aplikasi/kode authenticatornya.
Panduan: https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/faq/panduan-login-igracias-menggunakan-token-auth/
Terima kasih