Bagaimana Cara Aktivasi SSO Untuk Dosen & Pegawai?

Langkah aktivasi SSO adalah sebagai berikut ini :

  1. Buka https://igracias.telkomuniversity.ac.id/
  2. Pilih menu SSO Activation, kemudian klik Employee Sso Activation
  3. Masukkan token & captcha
  4. Silahkan buat username & password sesuai ketentuan.
  5. Masukkan no hp
  6. Input token yang terkirim ke hp
  7. Mohon untuk menunggu sampai halaman web menampilkan status service ke create

Apa yang dilakukan setelah Aktivasi SSO?

  1. Login IGracias https://igracias.telkomuniverisity.ac.id
    Untuk login gunakan username saja (@telkomuniversity tidak disertakan) & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
  2. Sinkronisasi akun ke Celoe LMS
    Sinkronisasi dapat dilakukan cukup dengan login ke https://lms.telkomuniversity.ac.id
    Untuk login LMS gunakan username@365.telkomuniversity.ac.id & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
  3. Silahkan kembali ke iGracias untuk melakukan sinkronisasi matakuliah ke Celoe LMS
    Pilih menu celoe —> lupa lanjutan menunya
    Untuk informasi detail silahkan buka https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/self-enroll-sinkronisasi-matakuliah-untuk-mahasiswa/
  4. Cek service Gafe/Email
    a. Sebelumnya pastikan bapak/ibu telah logout dari e-mail Gmail umum agar tidak bentrok dengan akun Gmail institusi.
    b. Silahkan buka https://sso.telkomuniversity.ac.id kemudian login dengan menggunakan username saja & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
  5. Cek service Lisensi Microsoft 365
    a. Silahkan buka https://office.com
    b. Login menggunakan username@365.telkomuniversity.ac.id & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
    c. Untuk panduannya bisa dilihat di https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/lisensi-office-365/panduan-instalasi-lisensi-office-365/ dan https://servicedesk.telkomuniversity.ac.id/panduan-instalasi-windows-10-dari-azure/
  6. Cek service Tune
    a. Untuk mengecek service ini hanya bisa dilakukan di area kampus
    b. Connect ke SSID “employee”
    c. Login ke tune.telkomuniversity.ac.id dengan cara menginputkan username saja & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
    d. Silahkan coba untuk browsing
  7. Cek service Blog
    a. Silahkan buka https://staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin
    b. Untuk login gunakan username saja & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
  8. Cek Aplikasi untuk checkin
    a. Aplikasi Mobile My-TelU
  • Download aplikasi My TelU di Google Play
  • Silahkan login dengan menggunakan username saja & password yang sebelumnya dibuat (igracias)
  • Aktivasi GPS
    b. web https://employee-checkin.telkomuniversity.ac.id
  • Selain menggunakan aplikasi Mobile My-TelU checkin juga bisa dilakukan di web https://employee-checkin.telkomuniversity.ac.id
    Untuk login gunakan username saja & password yang sebelumnya dibuat (igracias)

Terimakasih

SSO itu apa sih? Bedanya akun SSO dan akun iGracias itu apa?

SSO merupakan layanan dimana pengguna dapat menggunakan seluruh aplikasi, salah satunya adalah IGracias.

Mengapa tidak bisa login Email/GAFE dengan username username@student.telkomuniversity.ac.id

Untuk login ke sso.telkomuniversity.ac.id menggunakan usermame dan password, untuk username tidak perlu menambahkan @student.telkomuniversity.ac.id

Saya alumni, mengapa saya tidak bisa login Email/GAFE?

Bagi Alumni layanan yang aktif hanya IGracias dan untuk layanan lainnya memang dinonaktifkan.

Jika membutuhkan Email, bisa menghubungi Service Desk untuk pengaktifan sementara selama 14 hari.

Untuk kontak Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana cara setting email institusi di HP Android?

silahkan diikuti petunjuk berikut ya Kak !

Untuk kontak Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana cara login pada app-pack?

Silahkan melakukan login di https://app-pack.telkomuniversity.ac.id/my-account/downloads/ menggunakan username dan password yang sama dengan iGracias. Terimakasih.

Saya terkendala login app-pack, mohon bantuannya.

  1. Pastikan dulu anda bisa mengakses Blog Staff (staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin) atau Blog Student (student.telkomuniversity.ac.id/wp-admin)
  2. Jika tidak bisa silahkan hubungi service desk PuTI di WA wa.me/6282319949941, wa.me/6282319949943, atau mengajukan tiketing pada iGracias di menu Service Desk > Input Tiket dengan melampirkan screen shot permasalahan yang dialami. Terimakasih.

Saya tidak bisa login ke akun office 365, saya sudah memasukkan email dengan benar yaitu, username@student.telkomuniversity.ac.id

Silahkan untuk mengecek versi untuk penggunaan produk-produk microsoft seperti Microsoft Office, Microsoft  Excel, dan produk yang lain sudah versi 365.

Setelah itu, silahkan melakukan login di https://www.office.com/ menggunakan username@365.telkomuniversity.ac.id dan password yang sama dengan iGracias. Terimakasih.

Saya alumni tidak bisa login dengan akun office 365

Untuk alumni, layanan yang didapatkan hanya iGracias. Untuk layanan yang lain sudah dinonaktifkan.

Tidak bisa login, muncul notifikasi server error atau login error

  • Silahkan untuk memastikan versi Aplikasi MyTelU sudah terupdate dengan versi terbaru.
  • Silahkan di cek untuk penggunaan GPS dinyalakan dengan cara menu Setting > Lokasi > klik On

Jika masih terkendala dapat menghubungi Service Desk disertakan dengan username, NIM/NIP, dan screen shot permasalahan

Terima kasih.

Saat login tidak berhasil muncul notifikasi unexpected error

Silahkan untuk menghubungi Service Desk dengan melampirkan username, NIM/NIP, dan screen shot permasalahan

Terima kasih.

Untuk kontak Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana cara melakukan clear cache and history pada chrome?

Untuk Pengguna Windows:

  1. Tekan secara bersamaan (ctrl + H)
  2. Hapus data dan penjelajahan
  3. Pilh menu tab “Lanjutan”
  4. Pilih Rentang waktu “All/Semua”
  5. lalu klik semua pilihan
  6. Hapus data

Untuk Pengguna MAC : Ctrl + F5 atau Command + F5

Bagaimana Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network Pada Laptop/Komputer?

1. Restart WiFi pada Control Panel :

Klik kanan logo WiFi pada taskbar > Open Network and Sharing Center > Change adapter setting > Klik kanan pada WiFi > Disable > Klik kanan kembali pada WiFi > Enable.

2. Forgot WiFi :

Setting > Network and Internet > Manage WiFi setting > Matikan Connect to networks shared by my contact > Forget SSID yang tidak bisa connect > Connect kan kembali dan pastikan password benar.

3. Ubah Frekuensi Hotspot ( Khusus Tetheting dari Handphone ) :

Buka setting pada handphone > Hotspot > Advance setting > Ubah frekuensinya dari 2,5Ghz menjadi 5,0Ghz

How to Fix Error Code 30015-11 (3221225506) While Intstalling

Penyebab :

  1. Terblokir Windows Defender/Firewall
  2. Terblokir Antivirus
  3. Terblokir file corrupt

Cara Mengatasi :

  1. Matikan Firewall : Control Panel > System and Security > Windows and Firewall > Turn Windows Firewall on or off > lalu turn off private dan public network setting
  2. Matikan Antivirus : Pilih Mulai > Pengaturan > Update & Security > Keamanan Windows > threat protection > Kelola pengaturan. Alihkan Proteksi real-time ke Nonaktif
  3. Hapus file corrupt : Buka command prompt sebagai administrator > ketik ‘sfc /scannow’ kemudian sistem akan otomatis mengscan dan merepair file yang corrupt.

Jika semua sudah dilakukan silahkan coba install kembali Microsoft Office.

Tidak bisa melakukan pengisian tracer study

Apabila ada kendala, silahkan akses link :
http://bit.ly/Formpengaduanpratracerbermasalah
atau scan Qr code pada poster.

Update perbaikan di http://bit.ly/CekPraTracerBermasalah
Mohon cek 1×24 jam

Mengapa user pengguna saya belum berubah menjadi alumni?

Pastikan sudah melakukan “Pendafataran Wisuda”  dan sudah mendapat persetujuan dari LAAK, maka user group akan berubah otomatis menjadi alumni.

Proses Pengajuan pada akun Pegawai

Bagaimana jika saya tidak dapat melakukan pengajuan atau muncul notifikiasi error?

Gambar 1. Contoh tampilan saat SPPD tidak berhasil diajukan

Pastikan anggota untuk member internal yang akan dimasukkan pada list “Daftar Form Pengajuan SPPD” sudah melakukan aktivasi SSO dan melengkapi data diri pada iGracias.

Apabila belum melakukan aktivasi SSO atau data diri belum dilengkapi, maka solusi sementara:

Pengajuan melalui menu “Tambah Anggota” > “Member External”.

Berikut kami lampirkan contoh menu “Tambah Anggota”

Gambar 1.1. Contoh tampilan menu “Tambah Anggota”

Jika masih terdapat “Error Tambah Pengajuan”, silahkan melampirkan kode SPPD dan screen shot list anggota member yang didaftarkan untuk menghubungi Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Terima kasih.

Bagaimana jika saya klik button “ajukan” tetapi tidak berfungsi atau tidak ada perubahan?

Gambar 2. Contoh tampilan fitur “ajukan”

Untuk masalah ketika button simpan/ajukan saat klik dan tidak terjadi apa-apa hanya loading, maka disarankan untuk mencari koneksi internet yang stabil atau jika masih tidak terjadi apa-apa disarankan untuk membuka browser baru (bukan tab/window browser baru) dan pastikan javascript pada browser berjalan dengan benar.

Untuk kendala yang dapat Tim PuTI bantu bantu seperti di bawah ini, dapat menghubungi Service Desk PuTI pada nomor berikut ini: http://wa.me/082123223251  http://wa.me/082319949943 

Bagaimana jika petugas perinci, petugas approval 1 dan approval 2 tidak sesuai?

Gambar 3. Contoh tampilan saat pengecekan nama Petugas

Untuk kendala pada petugas perincian, approval 1, dan approval 2 yang berbeda atau tidak sesuai karena perubahan SOTK dapat melampirkan kode SPPD, serta Nama petugas dan Unit/Fakultas seharusnya kepada Service Desk PuTI.

Untuk kendala yang dapat Tim PuTI bantu bantu seperti di bawah ini, dapat menghubungi Service Desk PuTI pada nomor berikut ini: http://wa.me/082123223251  http://wa.me/082319949943 

Proses pada Petugas Perinci

Bagaimana jika kode PP saat di klik tidak muncul?

Gambar 4. Kode PP pada form ”Detail Rincian SPPD” pada petugas perinci

 

Pastikan akun tersebut sebagai Petugas Perinci dan mencoba double klik pilihan “Kode PP” yang kami beri tanda merah

Jika masih terkendala dapat melampirkan kode SPPD dan screen shot permasalahan dan menghubungi Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana jika pilihan kode pada bagian kode PP tidak muncul pada saat perincian?

Gambar 5. Pilihan Kode PP pada Petugas Perinci

Silahkan melampirkan Fakultas, Unit atau Direktorat untuk disesuaikan, dapat menghubungi ke Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana jika terkendala pada kode MTA, Daftar Rencana Kegiatan, dan Budget Tersedia yang tidak muncul?

Gambar 6. Contoh pilihan kode MTA, Daftar Rencana Kegiatan, dan Budget Tersedia pada Petugas Perinci

Untuk kendala pada Kode MTA, Daftar Rencana Kegiatan dan Budget Tersedia yang tidak muncul dapat menghubungi ke Bagian Anggaran.

Bagaimana jika saat pemilihan petugas perinci tidak muncul atau nama petugas perinci keliru?

Silahkan melampirkan Nama, NIP, dan kode SPPD untuk dibantu didaftarkan.

Dapat menghubungi Service Desk PuTI melalui via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana jika tarif Pegawai dengan status sebagai pegawai tetap atau pegawai professional tidak sesuai?

Untuk ketidaksesuaian pada tarif pegawai tetap atau pegawai professional dapat menghubungi Bagian SDM melalui email berikut ini yansdm@telkomuniversity.ac.id

Terima kasih.

Bagaimana jika tarif untuk member eksternal terdapat kesalahan atau tidak sesuai?

 

Gambar 7. Contoh menu ”Rincian Tarif Pegawai” pada Petugas Perinci

Dapat dikonfirmasi kepada Petugas Perinci. Lalu, data dapat diperbaharui pada form “Rincian Tarif Pegawai”.

Jika terdapat penambahan jenis transportasi maka perinci akan menginput melalui form “Rincian Pegawai” > memilih fitur “tambah”.

Proses pada Approval

Apa saja fitur atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh petugas approval?

Gambar 8. Fitur pada Petugas Approval 1 dan 2 pada form ”Detail Approval SPPD”

 

Pada form Detail Approval SPPD, petugas approval dapat melakukan 3 aktivitas sesuai dengan kebutuhan saat data sudah dicek yaitu

  • Melakukan pembatalan pada fitur tombol “Batalkan”. Lalu data SPPD yang dibatalkan dapat dilihat pada menu “Pembatalan”.

Gambar 8.1 menu “Pembatalan” untuk melihat SPPD yang ditolak

  • Data SPPD sudah sesuai disetujui pada fitur tombol “Setujui

 

Jika terkendala karena fitur tombol tidak berfungsi atau terjadi kegagalan pada approval, dapat melampirkan Nama, NIP, dan kode SPPD untuk menghubungi ke Service Desk PuTI via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251

Bagaimana jika petugas approval 1 dan approval 2 tidak sesuai?

Untuk kendala SPPD belum diajukan dan sudah diajukan pada petugas approval 1 dan approval 2 dapat dibantu didaftarkan oleh Tim PuTI dengan melampirkan Nama, NIP, dan kode SPPD.

Kontak Service Desk PuTI dapat melalui via WA pada nomor  http://wa.me/082319949943 http://wa.me/082123223251