Tahapan Aktivasi SSO Mahasiswa Baru

Tahapan Aktivasi SSO Mahasiswa Baru

Langkah 1: Aktivasi Akun SSO

Akun SSO merupakan skema autentikasi yang memungkinkan pengguna untuk masuk dengan satu ID (username) ke salah satu dari beberapa sistem perangkat lunak yang terkait. Bagaimana cara aktivasi akun SSO?

  • Aktivasi akun SSO dapat dilakukan setelah mahasiswa baru melakukan cetak Berita Acara (BA) pada proses Registrasi Tahap 3 di https://igracias.telkomuniversity.ac.id/admission/. Jadwal Registrasi Tahap 3 terlampir.
  • Kemudian silakan akses web untuk aktivasi SSO di https://igracias.telkomuniversity.ac.id
  • Pilih SSO ACTIVATION
  • Pilih NEW STUDENT SSO ACTIVATION
  • Masukkan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir sesuai dengan yang ada pada Berita Acara (Registrasi Tahap 3)
  • Masukkan username dengan memperhatikan beberapa kriteria berikut: harus 6-20 karakter tanpa angka, dalam huruf kecil, belum pernah digunakan oleh user lain sebelumnya (unique/unik), dan formal karena username akan digunakan di kegiatan perkuliahan
  • Masukkan password dengan memperhatikan beberapa kriteria berikut: panjangnya minimal 6 karakter dan maksimal 12 karakter, mengandung huruf besar dan kecil, mengandung minimal 1 angka, mengandung minimal 1 karakter spesial (!, @, $, *, {, }, .), dan tidak boleh mengandung username

Info lebih lengkap dapat dilihat pada video Panduan Aktivasi SSO Mahasiswa Baru

Jadwal Registrasi Tahap 3 - 2023
Jadwal Registrasi Tahap 3 – 2023

Langkah 2: iGracias, Tel-U Satu, dan My TelU Mobile

iGracias merupakan aplikasi terintegrasi untuk memberikan layanan akademik dan non-akademik untuk civitas academica Telkom University. Apa yang perlu dilakukan di iGracias?

  • Login ke https://igracias.telkomuniversity.ac.id sebagai mahasiswa (pilih Login >> MAHASISWA)
  • Masukkan akun SSO
  • Lengkapi dan pastikan data Anda sudah sesuai di menu Edit Profil. Perhatikan beberapa field yang wajib diisi, seperti Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, NIK, NISN, Kartu Tanda Penduduk, Transkip Nilai, Nama Ibu, dan No. HP (apabila sedang dibuka aksesnya)
  • Aktivasi Multi-Factor Authentication (MFA) maksimal 7 hari setelah aktivasi SSO mengikuti Panduan 1 atau Panduan 2
  • Dilarang menghapus aplikasi authenticator karena kode token terbaru akan selalu diminta setiap akan login

Tel-U Satu merupakan aplikasi portal untuk civitas academica Telkom University dengan fungsi dan kebutuhan sesuai dengan posisi kerja setiap pengguna. Bagaimana cara mengakses Tel-U Satu?

My TelU Mobile merupakan sebuah touch-point app untuk civitas academica Telkom University yang mengusung konsep super app yang di dalamnya banyak aplikasi menarik. Seperti fitur presensi, checkin, lihat nilai, hingga sosial media mikro. Bagaimana cara mengakses aplikasi My TelU Mobile?

  • Melalui Google Play atau Apple App Store, cari dan instal aplikasi My TelU Mobile
  • Buka dan login ke aplikasi My TelU Mobile menggunakan akun SSO dengan username huruf kecil seluruhnya

Langkah 3: Microsoft

Layanan Microsoft dibagi menjadi dua bagian, yaitu Microsoft 365 dan Microsoft Azure.

Microsoft 365 merupakan rangkaian produk perangkat lunak produktivitas, kolaborasi, dan layanan berbasis cloud yang dimiliki oleh Microsoft. Bagaimana cara mengakses Microsoft 365?

Microsoft Azure merupakan rangkaian produk untuk mendukung pendidikan, pengajaran, dan penelitian yang dimiliki oleh Microsoft. Bagaimana cara mengakses Microsoft Azure?

  • Akses Portal Azure for Students, pilih Start free, kemudian ikuti instruksi yang muncul di layar
  • Jika proses verifikasi berhasil, maka Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Azure Education Dashboard dan bisa mulai menggunakan layanan Azure dengan credit sebesar $100 atau selama 365 hari (mana yang tercapai lebih dulu) secara gratis

Langkah 4: CeLOE LMS

CeLOE Learning Management System (LMS) merupakan platform pembelajaran daring (online learning) bagi program studi reguler dan program studi pendidikan jarak jauh (PJJ) di Telkom University. Bagaimana cara mengakses CeLOE LMS?

Apabila ada kendala terkait LMS (CeLOE), silakan hubungi Help Desk LMS (CeLOE)

Self Enroll dan Sinkronisasi Mata Kuliah

Catatan: Proses self enroll dan sinkronisasi mata kuliah bisa dilakukan jika proses preload mata kuliah telah selesai dilakukan oleh LAA Fakultas. Silakan hubungi LAA Fakultas untuk informasi lebih lanjut.

Langkah 5: TelU-Connect dan TUNE

TelU-Connect merupakan service set identifier (SSID) wireless yang digunakan oleh seluruh civitas academica Telkom University untuk mengakses internet menggunakan sistem autentikasi yang simple, easy, secure, dan memiliki fitur yang menjamin koneksi tetap stabil meskipun berpindah-pindah tempat (seamless). TelU-Connect tersedia di beberapa area kampus Telkom University sebagai berikut:

  • Gedung Panambulai
  • Gedung Kultubai Utara
  • Gedung Kultubai Selatan
  • Gedung Pelampong
  • Gedung Panehan
  • Gedung Damar
  • Gedung Bangkit
  • Gedung Information Centre
  • Gedung Marore
  • Bandung Techno Park (BTP)
  • Masjid Syamsul Ulum (MSU)
  • Telkom University Landmark Tower (TULT)

Bagaiamana cara untuk terhubung ke jaringan TelU-Connect?

  • Di area kampus Telkom University, pilih SSID TelU-Connect atau TelU-Connect 2G
  • Masukkan akun SSO Anda pada field yang tersedia
  • Klik Connect

Telkom University Network Engine (TUNE) merupakan layanan yang digunakan bagi seluruh civitas academica dan tamu Telkom University agar dapat mengakses Internet. TUNE menggunakan teknologi captive portal. Captive portal merupakan suatu teknik autentikasi dan pengamanan data yang lewat dari jaringan internal ke jaringan eksternal. Pengguna diharuskan terlebih dahulu login ke halaman https://tune.telkomuniversity.ac.id, sebelum dapat mengakses Internet. TUNE memiliki berbagai peran diantaranya sebagai user management, di mana pengguna dikelompokkan berdasarkan grup dan bandwidth management. Setiap grup pengguna memiliki kapasitas bandwidth yang berbeda.

Bagaimana cara untuk terhubung ke jaringan WiFi TUNE?

  • Di area kampus Telkom University, pilih SSID TelkomUniversity
  • Apabila halaman log in TUNE tidak muncul secara otomatis, silakan akses halaman secara manual
  • Log in menggunakan username dan password SSO untuk terhubung ke jaringan TUNE

Frequently Asked Questions

Pastikan nomor peserta sudah sesuai dengan yang ada pada Surat Kelulusan dan tanggal lahir sudah sesuai dengan yang ada di Berita Acara (tanggal lahir yang diinput pada registrasi tahap 1).

Panduan lengkap penggantian password SSO dapat dilihat melalui halaman Bagaimana Cara Melakukan Ubah Password Akun SSO?

Cara login iGracias sebagai mahasiswa dapat dilihat lebih lengkap melalui halaman Panduan Login iGracias


Cara login iGracias menggunakan Token App Auth dapat dilihat melalui halaman Panduan Login iGracias menggunakan Token App Auth

Pastikan format fail sudah sesuai, fail sudah di-compress ke ukuran yang paling kecil, kemudian coba kembali untuk unggah fail satu per satu

Cara sign in ke layanan Microsoft 365 dapat dilihat lebih lengkap melalui halaman Panduan Sign In Microsoft 365

Cara akses layanan Microsoft Azure dan berbagai info penting lain terkait Microsoft Azure dapat dilihat melalui halaman Informasi Layanan Microsoft Azure Telkom University

Cara lengkap untuk terhubung ke jaringan WiFi TelU-Connect dapat dilihat melalui halaman Panduan Connect Jaringan WiFi TelU-Connect

Cara lengkap untuk terhubung ke jaringan WiFi TUNE dapat dilihat melalui halaman Bagaimana Cara Menggunakan Layanan TUNE di Lingkungan Telkom University?

19 Comments

  • Saya mahasiswa baru di program lanjutan s1 administrasi bisnis, setelah aktivasi akun sso dan membuka menu CELOE, sinkronisasi mata kuliah tidak bisa dilakukan dan tidak ada data yang tersedia
    Terimakasih

    RERRY SULESTIYOKO Reply
    • Selamat siang kak Rerry, untuk sinkronisasi bisa dilakukan di igracias.telkomuniversity.ac.id pilih menu celoe ya kak. Terimakasih

      wati Reply
  • saya mahasiswa baru s1 sistem informasi – rekayasa industri, sudah mencoba aktivasi akun SSO tetapi belum sampai finish karena saat mencoba membuat password selalu gagal dan jaringan error. Saat mencoba mengulang aktivasi akun, ada notif bahwa saya sudah punya username. setelah mencoba login SSO saya tidak bisa karena kita coba ketik password tidak tahu password yang mana yang kita punya

    nasya nurli sukmono putri Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi WA IT Service Desk PuTI Telkom University (wa.me/6282319949941) dengan menyertakan identitas lengkapnya.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • Mohon dibantu saya Nur Ilmi, mahasiswa baru jurusan rekayasa perangkat lunak. Saat registrasi SSO di tahap 2 klik back, setelah itu tidak bisa menyelesaikan sampai tahap ke 3 (finished) saat dicoba lagi keterangannya sudah punya log in tapi saat coba log in di igracias tidak bisa. Sudah WA ke IT Service Desk PuTI +6282319949941 masih belum dibalas. Mohon dibantu.

    Nur Ilmi Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, harap menunggu karena pesan dibalas berdasarkan antrean.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • sudah mencoba aktivasi akun SSO tetapi belum sampai finish karena saat mencoba membuat password selalu gagal dan jaringan error. Saat mencoba mengulang aktivasi akun, ada notif bahwa saya sudah punya username. setelah mencoba login SSO saya tidak bisa karena kita coba ketik password tidak tahu password yang mana yang kita punya

    Natalis Satya Wicaksana Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi WA IT Service Desk PuTI Telkom University (wa.me/6282319949941) dengan menyertakan identitas lengkapnya.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • tidak bisa aktivativasi SSO karena nomor peserta/ tgl lahir salah, padahal saya sudah sesuai dengan data diri saya

    reffinzarel Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi WA IT Service Desk PuTI Telkom University (wa.me/6282319949941) dengan menyertakan identitas lengkapnya.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • saya mahasiswa baru s1 design Interior, saat registrasi SSO di tahap 2 klik back, setelah itu tidak bisa menyelesaikan sampai tahap ke 3 (finished) saat dicoba lagi keterangannya sudah punya log in tapi saat coba log in di igracias tidak bisa. Sudah WA ke IT Service Desk PuTI +6282319949941 masih belum dibalas. Mohon dibantu

    Akmal Muzakki Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, chat yang masuk ke WhatsApp IT Service Desk PuTI diproses sesuai antrean. Harap menunggu dan tidak mengirimkan pesan berkali-kali agar chat Anda tidak mundur ke antrean belakang.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • saya mahasiswa baru s1 FIK, saat registrasi SSO di tahap 2 klik back, setelah itu tidak bisa menyelesaikan sampai tahap ke 3 (finished) saat dicoba lagi keterangannya sudah punya single account login dan sudah ada SSO username, tapi saat coba log in di igracias tidak bisa. Sudah WA ke IT Service Desk PuTI +6282319949941 masih belum dibalas dari kemarin, untuk keterangan aktivasi SSO ini apa ya kalau begini? (sudah aktiv atau belum?) agak khawatir telat aktivasi, mohon jawaban dan bantuannya, terima kasih.

    AHMAD SYAFIQ Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, chat yang masuk ke WhatsApp IT Service Desk PuTI diproses sesuai antrean. Harap menunggu dan tidak mengirimkan pesan berkali-kali agar chat Anda tidak mundur ke antrean belakang.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • halo kak, aku mahasiswa baru S1 SI kak izin bertanya, untuk nama sekolah saat mengisi microsost azure itu nama sekolah saat sma atau telkom university ya kak? terimakasih kak

    Khalila Aziza Gunawan Reply
    • Selamat Pagi. Diisi dengan “Telkom University”. Terima kasih.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • saya mahasiswa baru dari jurusan digital creativity multimedia, ada permasalahan ketika saya coba membuat akun SSO saya telah menyesaikan tahap 2 belum finis tapi saya back lalu tidak bisa melanjutkan tahap 3. Ketika saya coba masuk akun SSO untuk melanjutkan tahap 3 loginnya tidak bisa, selalu tertulis bahwa saya sudah memiliki akun SSO dan saya coba masuk igracias tapi tidak bisa logoin

    Kamilah Fathin Reply
    • Selamat Pagi. Terima kasih telah menghubungi, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi WA IT Service Desk PuTI Telkom University (wa.me/6282319949941) dengan menyertakan identitas lengkapnya.

      Fathan Abdul Shodiq Reply
  • halo kak, aku izin bertanya lagi. jadi aku mau login di my telu dan telu satu kak, tapi saat memasukkan akun sso katanya login gagal kak tapi saat login di igracias bisa kak. apakah memang sedang ada kendala ya kak? terimakasih

    Khalila Aziza Gunawan Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *