💬 Tanya Asisten Servicedesk IT

Akademik

Sep
09

Muncul simbol atau tanda tanya (??) saat import mata kuliah lama (ekuivalensi) atau kurikulum (Grup Pengguna: Kaprodi)

Silakan pastikan excel yang di impor/upload sudah clean, artinya tidak ada spasi setelah huruf terakhir, karena ketika masuk ke database/sistem untuk spasi akan otomatis ter-convert menjadi simbol atau tanda tanya (??)

By Risma Nur |
DETAIL

Informasi Mengenai Mekanisme dan Pengelolaan Cuti Akademik Mahasiswa

Mekanisme Pengajuan Cuti Akademik Pengelolaan Cuti Akademik Ketentuan dan Pedoman Cuti Akademik Untuk ketentuan dan pedoman lengkap perihal Cuti Akademik Mahasiswa silahkan cek disini : Informasi Aturan dan Pedoman Akademik di Telkom University

By rismanur rismanur |
DETAIL

FAQ Terkait SK Pengajaran Dosen

Q: Bagaimana apabila pada kolom perguruan tinggi kosong? A: Apabila pada kolom perguruan tinggi kosong, silakan melakukan pengecekan dan penyesuaian pada data pendidikan pegawai melalui iGracias masing-masing di menu: Manajemen SDM >> Riwayat Pendidikan Pegawai. Q: Mengapa data dosen yang muncul sebagai Koordinator MK tidak sesuai? A: Silakan dapat melakukan pengecekan data terlebih dahulu melalui […]

By rismanur rismanur |
DETAIL

Apakah Daftar Nilai/Lampiran Nilai yang Sudah Lampau (Sudah Lewat Tahun Akademiknya) Bisa Dicetak Kembali Melalui iGracias?

Telah menambahkan tim pengajar di menu print resume status input nilai, untuk membantu tim pengajar mendapatkan bukti daftar nilai yang diinputkan. Menu tersebut dapat di akses dengan menggunakan usergroup Admin LAAK melalui menu Nilai >> Status Input Nilai dengan memilih kode mata kuliah dan kelas yang diampu oleh dosen utama (tersedia juga kolom tim pengajar [...]
By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL

MK Eksepsi tidak terupdate pada Igracias

pastikan untuk melakukan penambahan MK eksepsi adalah kaprodi, bukan user yang tidak memiliki hak akses ke prodinya. dan bisa dipastikan juga untuk memappingkan MK Aplikasi di menu Registrasi > Pengaturan > Mata Kuliah Eksepsi dari usergrup Kaprodi

By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL

Bagaimana Cara Mencetak KSM untuk Periode Sebelumnya?

Untuk pencetakan KSM periode sebelumnya bisa dilakukan setelah memilih semester yang diinginkan pada pilihan semester di sebelah kanan atas sesuai gambar terlampir.

By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL

Penanganan Kendala Data terkait Insiden iGracias November 2023 (Mahasiswa)

Aplikasi Akademik TA/PA Untuk data bimbingan hilang: Tesis Untuk data bimbingan hilang: Aplikasi Nonakademik Pembayaran Mahasiswa Baru Untuk data pembayaran tidak ter-update:

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Penanganan Kendala Data terkait Insiden iGracias November 2023 (Dosen & Pegawai)

Aplikasi Akademik Presensi BAP Untuk perkuliahan sesuai jadwal: Untuk perkuliahan tambahan atau pengganti: Honor Dosen LB Untuk honor belum di-generate: Untuk honor sudah di-generate setelah 16 November 2023 dan belum dilaporkan ke Bagian Keuangan: Untuk honor sudah di-generate pada 16 November 2023 (dengan data presensi BAP masih ada) dan sudah dilaporkan ke Bagian Keuangan: Nilai […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Nov
09

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan EPRT

Bagaimana Cara Input Skor EPrT Apabila Saya Melakukan Pendaftaran Tidak Menggunakan Akun SSO Mahasiswa? Untuk melakukan input skor EPrT ke akun SSO, silakan ikuti langkah-langkah berikut: 1. Akses iGracias dan login menggunakan akun SSO 2. Pilih menu Pusat Bahasa >> Skor Tes Bahasa >> Input Nilai Dari Instansi Luar 3. Melalui halaman tersebut, pilih Tambah […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL
Nov
09

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Thesis

Panduan PDF Thesis Proses Bisnis Aplikasi Tesis Magister Proses bisnis juga dapat dilihat pada aplikasi iGracias di menu Beranda Tesis Magister User Manual untuk Kaprodi Link panduan PDF : User Manual untuk Prodi User Manual untuk KK Link panduan PDF : User Manual untuk KK User Manual untuk Admin Link panduan PDF : User Manual untuk Admin User […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL
Nov
09

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan TA/PA

Pengguna: Dosen atau LAAK Fakultas Dosen Tidak Muncul untuk di-Plot ke KK Tertentu pada TA/PA Terkait kendala nama dosen tidak muncul untuk di-plot ke KK tertentu pada aplikasi TA/PA, berikut beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya: 1. Sudah ter-plot pada KK lain. Solusi dari hal berikut adalah dengan menghapus dosen yang bersangkutan pada KK sebelumnya agar bisa di-plot ke KK yang baru. 2. Belum […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL
Nov
02

Panduan Pengguna SEEDS (Sistem Registrasi Akademik Mahasiswa Baru)

Alur Registrasi Menu Aplikasi SEEDS Login Aplikasi SEEDS Masuk Halaman Aplikasi SEEDS Sebagai Mahasiswa Menu Beranda Menu Registrasi Menu Registrasi pada aplikasi yaitu berupa tahapan registrasi yang harus calon mahasiswa baru penuhi untuk melakukan regsitrasi. Berikut penjelasannya: Registrasi Tahap 1 Untuk dapat melakukan registrasi tahap 1 calon mahasiswa baru harus sudah LUNAS melakukan pembayaran UP3 […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL
Aug
08

Bagaimana Mengatasi Kendala pada Aplikasi SOFI?

Permasalahan yang dialami pada aplikasi SOFI Telkom University, dapat dikonsultasikan dengan Admin LAAK FRI. Terima kasih.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Informasi Terkait Pengguna dan Kendala Sirama untuk Mahasiswa, Dosen Wali, dan Kaprodi Tahun 2025/2026

Panduan Penggunaan Sirama Grup Pengguna: Mahasiswa Menu Beranda a. Mahasiswa tidak bisa melakukan registrasi karena saat pengecekan dinyatakan belum memenuhi syarat. Contoh sebagai berikut: b. Mahasiswa dapat melakukan registrasi karena status akademik mahasiswa normal. Contoh sebagai berikut: Menu Registrasi Menu Mata Kuliah – Proses Registrasi Pengambilan Mata Kuliah Mahasiswa dapat melakukan pengambilan mata kuliah sesuai […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL

Bagaimana Cara Mengubah Foto untuk KTM Digital di iGracias dan MyTelU?

Perubahan foto dapat dilakukan melalui menu Akun >>> Profilku >> Photos di iGracias. Sebelum melakukan upload foto yang baru, hapus foto yang telah ada sebelumnya menggunakan tombol Delete hingga semua foto telah terhapus seperti berikut:

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Bagaimana Cara Menambahkan Dosen sebagai Tim Teaching pada Suatu MK?

Tim teaching dapat ditambahkan oleh Kaprodi melalui iGracias menggunakan Grup Pengguna: Kaprodi, di menu Registrasi > Mata Kuliah > Lihat Mata Kuliah > ikon Tambah di kolom aksi MK

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Bagaimana Cara Mengubah Data Diri Mahasiswa di iGracias?

Untuk Perubahan Data Diri Mahasiswa Alurnya sebagai berikut :– Mahasiswa menghubungi bagian akademik fakultas– Akademik fakultas mengajukan NDE ke akademik pusat (BSLA)– Perubahan data dilakukan oleh akademik pusat (BSLA) dan ini diprosesnya tidak melalui PuTI melainkan koordinasi antara bagian akademik (pusat dan fakultas). Silahkan bisa menghubungi bagian LAAK di fakultas masing-masing

By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL
Mar
13

Tidak Ada Tombol Submit BAP di iGracias

Pastikan field Materi Kuliah pada halaman BAP telah diisi dan pastikan RPS telah diinput dan di-approved oleh Kaprodi

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Mar
06

Kendala I-miss: “User Name dan Password tidak terdaftar!”

Silakan menyampaikan kendala yang dialami kepada LAAK FKB sebagai pemilik aplikasinya.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Permohonan Enroll sebagai Teacher pada LMS CeLOE

Untuk dilakukan enroll sebagai Teacher pada LMS CeLOE dapat menghubungi Admin LMS

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Mengubah Nama pada PDDikti Kemdikbud

Pengajuan permintaan pengubahan nama yang terdaftar pada PDDikti Kemdikbud dapat menghubungi BSLA

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Dec
19

Panduan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai

Berikut langkah-langkah untuk melakukan legalisasi ijazah dan transkrip nilai melalui aplikasi DeLa: Cara Cek Resi Pengiriman Dokumen Legalisasi Legalisasi Telkom University Kampus Jakarta, Kampus Surabaya, Kampus Purwokerto Legalisasi ijazah dan transkrip nilai untuk TelUtizen Kampus Jakarta, Kampus Surabaya, Kampus Purwokerto, dll. Silakan dapat menghubungi bagian akademik di masing-masing kampusnya. Berikut Daftar Kontak Layanan Tel-U – IT […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Informasi dan Panduan Seputar Honorium

Tarif Honor Dosen Prodi Kelas Internasional Tidak Sesuai Jika tarif honor Anda sebagai dosen program studi kelas internasional tidak sesuai, mohon dipastikan bahwa Anda telah memiliki hasil tes bahasa yang masih berlaku yang sudah divalidasi oleh Telkom University Language Center (Pusat Bahasa). Jika Anda belum memiliki hasil tes bahasa yang sudah divalidasi atau sertifikat hasil […]

By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL
Nov
23

Informasi Terkait Kendala Pengguna dan Panduan BASILA

Kendala Login Untuk Dosen: Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah benar dan sesuai iGracias, apabila ada kendala login BASILA, silakan clear cache and cookies pada browser yang digunakan. Jika masih terkendala, silakan menghubungi Admin IT Service Desk Direktorat PuTI. Untuk Mahasiswa: 1. Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah benar dan sesuai iGracias (username […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Nov
01

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Pendaftaran Wisuda

Di Mana Saya Bisa Melakukan Pendaftaran Wisuda? Lulusan yang akan mengikuti pendaftaran wisuda dapat melakukan akses menu pada bagian Pendaftaran Wisuda Reguler di iGracias (Wisuda >> Pendaftaran Wisuda), pastikan Anda telah diizinkan untuk melakukan pendaftaran wisuda, apabila belum silakan menghubungi contact center masing-masing LAA Fakultas. Gagal Upload Foto Pendaftaran Wisuda Sebagai langkah awal, silakan ganti […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Pra Tracer Wisuda

Bagaimana Cara Mengisi Pra Tracer untuk Pendaftaran Wisuda? Silakan akses iGracias menu Pra Tracer Wisuda >> Sensus >> Aksi di daftar survey.Harap menjadi catatan, sebelum mengisi pra tracer di iGracias, mahasiswa diwajibkan mengisi Career Coach di aplikasi Celoe. Sudah Mengisi Career Coach di LMS Namun Pra Tracer Belum Muncul Silakan menghubungi CDC atau akses “Form […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Jun
27

Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan OBE / RPS

Pengguna Kaprodi (Koordinator) Bagaimana jika tidak bisa melakukan approval RPS sebagai kaprodi? Terkait data RPS yang diajukan tidak muncul dikarenakan sebelumnya data RPS belum dibuat oleh dosen terkait sehingga tidak muncul di menu kaprodi untuk dilakukan submit. Bagaimana cara mengapprove ajuan RPS di Kaprodi Persetujuan atau approval kaprodi bisa melalui iGracias OBE >> Persetujuan RPS […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Saya ingin Mengambil MK X pada Kelas Y, namun Kuotanya Penuh, Boleh Tolong Ditambahkan?

Terkait penambahan kuota kelas, silakan menghubungi prodi masing-masing.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Mar
11

Aktivasi Akun IFIK

Q: Sudah melakukan registrasi, namun akun belum bisa diaktifkan dan tidak ada email aktivasi akun. Ketika ingin mengulang registrasi, email dan username sudah terdaftar sehingga tidak bisa registrasi lagi. A: Silakan menghubungi prodi, fakultas, atau admin web IFIK (Fakultas Industri Kreatif) dikarenakan PuTI tidak mengelola web/aplikasi tersebut.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Bagaimana Cara Mengatasi MK Tidak Muncul/Belum Enrolled pada LMS?

Jika masih ada dosen atau mahasiswa yang belum terenroll di LMS, bisa melakukan beberapa cara berikut: – Self enroll dosen melalui iGracias: https://tel-u.ac.id/self-enroll-dosen – Self enroll mahasiswa melalui iGracias: https://tel-u.ac.id/self-enroll-student – Sinkronisasi mata kuliah (enroll mahasiswa dan dosen) oleh dosen melalui iGracias: https://tel-u.ac.id/sinkronisasi-mk-dosen – Enroll dosen oleh LAK melalui CeLOE Dashboard: https://tel-u.ac.id/enroll-dosen-via-dashboard Pastikan tahun ajaran […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Mengapa Grup Pengguna iGracias Saya Tidak Berubah Menjadi Alumni?

Pastikan sudah melakukan Pendaftaran Wisuda pada iGracias menu Wisuda >> Pendaftaran Wisuda dan sudah mendapat persetujuan dari LAAK, maka user group atau grup pengguna iGracias akan berubah otomatis menjadi Alumni.

By nurulhida nurulhida |
DETAIL
Secret Link