Registrasi Mata Kuliah

Bagaimana Cara Mencetak KSM untuk Periode Sebelumnya?

Untuk pencetakan KSM periode sebelumnya bisa dilakukan setelah memilih semester yang diinginkan pada pilihan semester di sebelah kanan atas sesuai gambar terlampir.

By diahsukmaa diahsukmaa |
DETAIL

Bagaimana cara pengajuan reset KSM Semester Ganjil/Genap?

Terkait permintaan mereset KSM bisa diajukan melalui pihak BSLA dan dari pihak BSLA bisa reset registrasi.

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL

Informasi Terkait Pengguna dan Kendala Sirama untuk Mahasiswa, Dosen Wali, dan Kaprodi Tahun 2025/2026

FAQ Sirama Bagaimana cara mencetak KRS di menu aplikasi Sirama? Untuk fitur cetak KRS aplikasi SIRAMA sudah tidak ada. Proses acc sampai ada status ceklis dari Dosen Wali. Bagaimana jika terdapat Kesalahan saat Pengambilan MK? Silahkan menghubungi dosen wali untuk dibantu reset MK tsb. Jika sudah direset silahkan registrasi ulang MK. Bagaimana bila tombol siap […]

By PRAMANA PUTRA BATUBARA |
DETAIL

Saya Melewatkan Masa Registrasi, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda terkendala dalam melakukan registrasi mata kuliah karena melewatkan masa registrasi, silakan menghubungi Dosen Wali untuk dibantu melakukan registrasi mata kuliah

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Jadwal Mata Kuliah Tidak Muncul pada KSM dan SIRAMA

Jadwal mata kuliah (MK) tidak muncul pada KSM dan SIRAMA karena belum diatur oleh pihak Program Studi, silakan menghubungi Ketua Program Studi atau Dosen Wali

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Nov
11

Jadwal Ujian Mahasiswa Tidak Tampil pada iGracias

Sebagai langkah awal terkait kendala jadwal ujian tidak tampil, silakan menghubungi Fakultas atau Program Studi karena tidak tampilnya jadwal ujian bisa jadi disebabkan oleh jadwal yang belum/tidak di-input.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Status Pembayaran Registrasi Tidak Terbarui pada iGracias

Jika Anda sudah melunasi pembayaran registrasi, tetapi status pembayaran pada iGracias belum/tidak terbarui, silakan konfirmasi pembayaran Anda ke Bagian Keuangan.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Infografik Alur Registrasi

Catatan: Dosen wali bisa melakukan add/drop mata kuliah mahasiswa saat status “BELUM/TIDAK REGISTRASI”. Untuk mengembalikan mahasiswa ke status tersebut, silakan “Reset” registrasi mahasiswa mengikuti panduan di atas.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Jadwal MK Berbeda pada iGracias dan SIRAMA

Proses sinkronisasi jadwal mata kuliah dari SIRAMA ke iGracias membutuhkan waktu 24 jam. Namun jika jadwal mata kuliah Anda masih tidak sesuai setelah 24 jam, silakan hubungi IT Service Desk.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Gagal Menambahkan Mata Kuliah (SIRAMA)

Jika mengalami kendala di atas, pastikan Sisa Reservasi Mata Kuliah yang dituju masih tersedia (tidak 0 atau minus). Jika Anda ingin mengajukan penambahan Kuota Reservasi untuk Kelas yang dituju, silakan hubungi Kaprodi.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Status Pengecekan Sirama Merah

Q : Mohon untuk login kembali sesuai jadwal registrasi yang telah ditentukan BSLA, dikarenakan pengecekan dihentikan saat jadwal tidak sesuai. Cek jadwal registrasi di web BSLA https://baa.telkomuniversity.ac.id/

By wati |
DETAIL
Sep
12

Solusi Kendala Akses SIRAMA, 404 Not Found

Jika mengalami kendala di atas, silakan clear cache dan cookies pada browser yang Anda gunakan terlebih dahulu mengikuti panduan berikut: Panduan untuk Safari Panduan untuk Chrome Panduan untuk Mozilla

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL
Sep
12

Solusi Kendala Gagal Login SIRAMA

Jika mengalami kendala di atas, silakan mengubah password iGracias mengikut langkah-langkah berikut: Jika setelah mengubah password, Anda masih tidak bisa login SIRAMA, silakan melapor ke Admin

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

FAQ Prosedur Umum Registrasi Matakuliah

Q: Bagaimana prosedur umum registrasi semester Universitas Telkom? A: Mahasiswa masa studi normal dan di luar masa studi normal: Cek MK wajib yang sudah direservasikan pada tabel sebelah kanan. Apabila sudah sesuai maka langsung diajukan SIAP REGISTRASI. Apabila belum sesuai dan ada mk yang akan diambil lagi, silahkan cek daftar MK yang ditawarkan pada tabel […]

By wati |
DETAIL

Panduan Pembayaran BPP dan Beasiswa Mahasiswa

Melalui Channel Apa Mahasiswa dapat Melakukan Pembayaran BPP? Untuk saat ini Universitas Telkom bekerja sama dengan Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Jabar Banten, Shopee, dan Tokopedia Informasi Petunjuk Pembayaran dapat dilihat pada laman Panduan Pembayaran Informasi terkait pertanyaan seputar pembayaran dapat menghubungi Bagian Layanan Keuangan Mahasiswa Jika Tidak Memiliki Rekening pada Bank di Atas, Apakah […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Saya Tidak Bisa Mencetak KSM

Pastikan Anda sudah memilih semester yang sesuai

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Kendala Cetak Kartu Ujian

Q: Saya terkendala mencetak kartu ujian, muncul pesan “Maaf Kartu ujian belum bisa dicetak untuk saat ini, silahkan cek kembali pada tanggal yang ditentukan.” A: Apabila muncul pesan tersebut, silakan hubungi BSLA (WA chat only) jika memerlukan informasi lebih lanjut di sini.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Bagaimana Cara Melakukan PRS?

PRS dapat dilakukan melalui dosen wali masing-masing.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Saya ingin Mengambil MK X pada Kelas Y, namun Kuotanya Penuh, Boleh Tolong Ditambahkan?

Terkait penambahan kuota kelas, silakan menghubungi prodi masing-masing.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Tagihan yang Tampil di iGracias Tidak Sesuai dengan yang Seharusnya Saya Bayarkan

Kamu dapat membuat tiket ke bagian keuangan di sini atau mengonfirmasi melalui pesan Whatsapp ke nomor layanan keuangan: 0822-1416-1954/0812-2142-4646.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Tagihan Registrasi Saya Tidak Muncul di iGracias

Jika tagihan registrasi Anda tidak muncul, silakan coba klik tombol yang ditandai merah pada gambar di bawah ini.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

Pembayaran dengan Skema Cicilan

Q: Saya telah mengajukan kredit dan keringanan BPP, sudah disetujui, dan sudah melakukan pelunasan pembayaran pertama. Namun belum bisa melakukan registrasi. A: Kamu dapat membuat tiket ke bagian keuangan di sini atau mengonfirmasi melalui pesan whatsapp ke nomor layanan keuangan: 0822-1416-1954 /0812-2142-4646.

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

FAQ REGISTRASI REGULER

Apa yang dimaksud dengan registrasi reguler ? Registrasi reguler merupakan proses pengambilan mata kuliah oleh mahasiwa yang dilakukan melalui i-Gracias URL / Alamat untuk registrasi reguler ? https://igracias.telkomuniversity.ac.id/ Saya sudah ganti password di iGracias, tapi tetap gak bisa login. Bagaimana ya? Terkait kendala ini, silakan untuk menggunakan fitur forgot password. Namun bila masih terkendala, silakan […]

By Fathan Abdul Shodiq |
DETAIL

FAQ REGISTRASI BAYANGAN (HYBRID)

Q : Apa itu registrasi bayangan? A: Registrasi bayangan adalah proses registrasi yang dilakukan sebelum registrasi reguler, dalam rangka pendataan MK yang akan diambil secara Hybrid dan atau Blended Learning (HBL). Q: Alamat untuk melakukan registrasi bayangan? A: http://situ-aka.telkomuniversity.ac.id/onsite-registration/ Q: Siapa saja yang melakukan registrasi bayangan? A: Mahasiswa angkatan yang perkuliahannya diselenggarakan secara HBL sesuai […]

By wati |
DETAIL
Secret Link