
Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan OBE / RPS
Pengguna Kaprodi (Koordinator)
Bagaimana jika tidak bisa melakukan approval RPS sebagai kaprodi?
Terkait data RPS yang diajukan tidak muncul dikarenakan sebelumnya data RPS belum dibuat oleh dosen terkait sehingga tidak muncul di menu kaprodi untuk dilakukan submit.
Bagaimana cara mengapprove ajuan RPS di Kaprodi
Persetujuan atau approval kaprodi bisa melalui iGracias OBE >> Persetujuan RPS

Bagaimana bila role/usergroup sebagai subject coordinator belum muncul di igracias?
Silakan dicek secara berkala, untuk role/usergroup subject coordinator akan otomatis muncul setelah unggah data MK Tawar selesai.
“No matches found” Saat Memilih Assessment Form Pengisian RPS sebagai Subject Coordinator
Pilihan assessment form kosong dikarenakan assessment tools belum terisi. Silakan melakukan pengisian assessment tools terlebih dahulu mengikuti Panduan Aplikasi OBE untuk Dosen Koordinator Matakuliah.
Tidak bisa memilih PLO CLO pada saat Edit Assessment Tools

Status tidak aktif/tidak dapat di edit ini dikarenakan masa RPS sudah ditutup sehingga untuk membukanya diperlukan izin dari bagian akademik, bisa dikonfirmasikan terlebih dahulu ke bagian akademik/BPA
Penyesuaian Batas Minimum Kelulusan range nilai default oleh Subject Coordinator

Silakan akses menu View Course Subject Coordinator -> Pilih mata kuliah yang akan di set batas nilai minimumnya -> klik tombol Minimal Kelulusan -> masukan batas minimal kelulusan dan batas kelulusan mahasiswa -> klik simpan
Pengguna Dosen
Bagaimana jika kolom komponen nilai tidak ada padahal sudah mengisi komponen?
Mohon dipastikan bahwa question pada assessmentools sudah dibuat. Lakukan pengecekan sebagai subject koordinator pada menu Views Course Subject Coordinator » Klik Kelola Tool Assesment – klik tombol lihat resume. Apabila pada kolom Question kosong (seperti screenshot dibawah), maka perlu diisi terlebih dahulu oleh subject coordinator.

Isikan question dari menu Tampilan Koordinator Mata Kuliah » Views Course Subject Coordinator » Manage question (seperti screenshot dibawah).

klik add question, lalu sesuaikan. Bisa dilakukan Add New atau Copy Question dari data semester sebelumnya.

Jika sudah mengisi question lakukan load assessmentools kembali pada igadis, karena ada kemungkinan terjadi update/perubahan assessmentools di tengah perkuliahan berjalan.
Muncul notifikasi pesan duplikat ketika input assessment tools

Terkait pesan duplikat silakan menghubungi subject coordinator untuk disesuaikan penamaannya supaya tidak ada Nama Komponen yang sama.
Bagaimana jika penamaan di igracias nya sudah disesuaikan namun masih muncul notifikasi pesan duplikat ?
Harap dapat dipastikan untuk penamaan pada assessment tools nya tidak sama, jika masih sama silahkan dapat disesuaikan ulang kembali penamaannya.

Bagaimana jika di aplikasi OBE persentase belum cukup 100%?
Melengkapi persentase question di manage question pada Aplikasi OBE oleh Dosen Koordinatornya, dan jika dilihat masih terdapat AssesmentTools yang belum termappingkan, mohon untuk diinfokan ke dosen MKU yang menginputkan AssesmentTools.
Aturan Format Excel untuk Upload Nilai pada iGadis
Berikut merupakan persyaratan format Excel untuk diunggah atau di-upload pada penilaian OBE:
1. Template yang digunakan harus baru di-generate dan pastikan berasal dari semester saat ini
2. Tidak boleh berupa rumus (formula), harus berupa value
3. Nilai berupa range 0 sampai 100
4. Penulisan format nilai desimal bisa menggunakan koma ( , ) atau titik ( . )
Cara Mengatasi Kesalahan Input Nilai sehingga Rata-Rata Nilai di Atas Normal (100)
Dapat dikonfirmasi kepada dosen pengajar, apabila ada ketidaksesuaian dari file yang diunggah melalui iGadis, maka perlu dilakukan unggah ulang.
Jika nilai yang diunggah sudah sesuai sedari awal, silakan hubungi Subject Coordinator untuk melakukan pengecekan persentase question dan assessmentools. Jika kesalahan ada pada sisi Subject Coordinator, maka perlu dilakukan update persentase pada aplikasi OBE.
Kemudian dosen pengajar dapat mengajukan permintaan melalui aplikasi Service Desk untuk unggah ulang dan generate nilai.
Nama Mahasiswa Tidak Muncul pada iGadis
Jika nama mahasiswa tidak muncul pada iGadis, ada beberapa kemungkinan penyebab sebagai berikut:
1. Mahasiswa tersebut terdata sebagai mahasiswa non-aktif
2. Mata kuliah tersebut tidak ada pada KSM aktif mahasiswa (tidak mengambil mata kuliah).
Perbedaan Persentase dan Komponen Assessmentools pada Excel dengan Tampilan Aplikasi OBE
Silakan dilakukan load ulang assessmentools-nya. Perbedaan terjadi dikarenakan ada perubahan persentase di tengah-tengah pengisian dan tidak dilakukan load ulang assesment tools.
Materi Kuliah Tidak Muncul pada Saat Pengisian BAP
Hal tersebut disebabkan RPS pada MK tersebut belum di-approve oleh Kaprodi, Materi Kuliah akan muncul apabila Kaprodi sudah approve RPS.
Data OBE Report (PLO dan PLO per Student) Tidak Muncul
Hal tersebut terjadi karena setting PLO yang akan dihitung di menu Master PLO yang bisa diakses oleh Kaprodi baru diaktifkan, sehingga membutuhkan beberapa waktu untuk memproses generate nilai, silakan dicek kembali secara berkala.
Bagaimana Cara Download Laporan CLO PLO pada iGracias?
Untuk download laporan CLO PLO dapat dilakukan melalui halaman Nilai >> Laporan >> Laporan CLO PLO, klik tombol Print, kemudian tekan tombol Ctrl + P melalui keyboard
Untuk keluar dari halaman print, tekan tombol Esc melalui keyboard.
CLO Tidak Muncul pada Bagian Quiz dan Tugas Saat Mengisi “Manage Question” dan “Add Question”
CLO akan muncul apabila sudah dibuat dan berstatus aktif serta sudah dipetakan oleh subject coordinator ke dalam mata kuliah dan PLO terkait. Selain itu, CLO juga harus sudah di-approve oleh Kaprodi.
Tidak Dapat Melakukan Copy pada Question Assessment Tool
Untuk dapat melakukan copy pada Question Assessment Tool, silakan memilih schoolyear dan semester terlebih dahulu, serta melakukan mapping CLO.
Cara Mengatasi Kendala Input Nilai di iGadis: Komponen Penilaian Sudah Terinput, Tetapi Pada Saat Download Template hanya Tertera NIM dan Nama
Silakan menghubungi koordinator mata kuliah, hal tersebut dapat disebabkan oleh koordinator belum melakukan input assessmentnools atau question.
Cara Mengatasi Kendala Upload Nilai di iGadis, Nilai 0 atau Tidak Sesuai
Nilai 0 atau tidak sesuai dapat disebabkan oleh mahasiswa yang bersangkutan memiliki presensi kehadiran kurang dari komponen minimal presensi kehadiran.
Hal tersebut menyebabkan nilai mahasiswa 0 atau tidak sesuai, karena hasil perhitungan nilai dipengaruhi oleh adanya presensi kehadiran.
Untuk mengatasi hal tersebut, presensi kehadiran dapat diubah oleh Kaprodi dengan langkah-langkah berikut:
- Masuk ke menu OBE Admin » Kelola Komponen
- Klik tombol Edit pada komponen yang relevan
- Sesuaikan nilai minimal kehadiran sesuai kebutuhan
Setelah penyesuaian dilakukan, silakan input kembali nilai di iGadis. Terlampir contoh tampilan pengaturan apabila dilakukan dari awal.

Materi Pembelajaran RPS OBE Kosong
Silakan cek pada iGracias melalui menu RPS > Kelola RPS Pengajaran > Klik Manage RPS pada mata kuliah yang diajar

kemudian klik submit di setiap komponennya atau bisa pilih submit all

Persetujuan RPS kemudian bisa dilakukan oleh Kaprodi
Tidak Ada Pilihan PLO Saat Ingin Menambah Pertanyaan

Silakan dicek pada saat Kelola Assessmentools, pastikan PLOS sudah dipilih, dikarenakan yang masuk ke halaman question ini hanya CLO dan PLO yang sudah dimappingkan di halaman assessmentoolsnya
Muncul Notif “Terdapat AssesmentTools Yang Belum Termappingkan” Padahal Sudah Dilakukan Tambah Assessment Tools

Silahkan dicek pada igracias subject coordinator dimenu :
1. Views Course Subject Coordinator
2. Klik Kelola Tool Assesment » Klik Aksi Edit

3. Pastikan pada Rencana pemetaan CLO sudah terisi, kemudian klik Save

Saat Pengisian Portofolio MK, CLO yang Tersedia Tidak Lengkap Sehingga Tidak Dapat diisi Evaluasi MK Oleh Koordinator
- Pastikan CLO sudah di set secara lengkap
- Jika sudah lengkap dan masih tidak muncul, harap pastikan CLO sudah digunakan pada menu kelola tema pertanyaan. Jika belum harap dapat ditambahkan terlebih dahulu oleh subject coordinator
Pengguna Mahasiswa
Bagaimana jika grade nilai pada mahasiswa tidak muncul?
Mohon menghubungi dosen pengajar terkait nilai tersebut, hal tersebut dikarenakan range nilainya tidak masuk pada aturannya.
Terdapat Mata Kuliah Lulus yang Masuk ke List “Mata Kuliah yang Diulang”
Untuk mengatasi hal tersebut, bisa langsung menghubungi pihak “Admin Nilai Fakultas”.
Total SKS dan IPK Saya di iGracias Tidak Sesuai dengan Perhitungan Saya
Hal tersebut dikarenakan ada mata kuliah yang belum lulus dan diulang. Total SKS dan IPK dihitung dari mata kuliah lulus dan mata kuliah belum lulus. Nilai kosong dan T tidak diikutkan dalam perhitungan IPK.
Silakan cek melalui iGracias pada menu Nilai >> KHS >> Lihat Nilai >> Cetak Nilai Akhir >> Tampilkan Semua.
Di Mana Web untuk Cetak Transkrip Nilai? (Mahasiswa)
Pencetakan transkrip nilai dapat dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa melalui iGracias >> Nilai >> KHS > Lihat Nilai Semester >> Cetak Nilai Akhir.
Bagaimana Mengatasi Nilai Mata Kuliah Muncul 2 Kali Karena Mengulang?
Anda dapat melakukan penonaktifan Mata Kuliah yang diulang bisa langsung ke bagian “LAAK Fakultas”